Sistem Manajemen Klinik Yang Baik

Bagikan artikel ini :

Sistem Manajemen Klinik perlu dibuat terlebih dahulu sebelum klinik berdiri. Berikut adalah beberapa saran untuk memanajemen klinik yang baik menurut kami.

Sistem Manajemen Klinik yang baik
Sistem Manajemen Klinik yang baik

Sumber Daya Manusia

SDM adalah posisi yang sangaat penting. Investasi terbesar adalah manusia. Dengan manusia yang handal, yang mengerti hak dan kewajibannya, bekerja berdasarkan jobdiscnya, maka klinik anda dipastikan akan berkembang sesuai visi dan misi anda.

Namun semua tak semudah itu. Dengan potensi menjadikan sebuah perusahaan menajdi besar, SDM ini juga berpeluang paling besar menjadikan perusahaan anda hancur lebur jika mengelola mereka dengan salah.

Beberapa orang lebih suka menginvestasikan uangnya untuk membeli modal besar ini dengan harga yang murah. Alasannya karena klinik anda masih kecil, karena masih belum banyak pasien, atau alasan-alasan lainnya.

Memang untuk skala kecil, tenaga yang punya skil pas-pasan memang cocok untuk anda, namun jangan jadi sebuah kebiasaan. Maksudnya, mereka juga berkembang.

Gajilah sesuai kelayakan mereka. Jangan memilih tenaga kerja baru lagi, yang belum teruji kemampuan dan kredibilitasnya.

Lebih baik membayar mahal untuk tenaga kerja andalan kita (namun dengan harga yang sesui dan standar harga pasaran untuk kualifikasi handal), daripada membayar tenaga baru, yang harus dilatih, menyesuaikan ritme dan sistem kantor. Jatuhnya juga sama.

Namun hal ini terkadang juga membuat mereka diatas angin. Gampang, masalah ada untuk dipecahkan, walaupun sesulit apapun.

Anda cukup mencari orang yang sepadan untuk mengambil pelajaran dari dia. Sistem kompetisi dibuat sesehat mungkin, hal inilah sebenarnya yang bisa mengendalikan gaji mereka.

SOP dan sistem perusahaan

Untuk bekerja maksimal diperlikan sistem yang handal untuk mengaturnya. Karyawan atau anak buah anda adalah orang dewasa yang mempunyai pikiran indah di masa depan.

Mereka bukan anak kecil yang harus diatur dengan dibentak atau dipukuli. Berilah mereka aturan atau biasa disebut SOP (Standard Operational Prosedur).

Dengan SOP yang jelas, mereka menjadi tahu pekerjaan harian, mingguan, bulanan, triwulan, semeseter sampai tahunan mereka. Biasakanlah mereka bertanggungjawab terhadap pekerjaan nya.

SOP yang baik adalah SOP yang jelas, tidak ada bias penafsiran, akomodir, dan menyelamatkan banyak pihak. Jadi kalau SOP anda belum memenuhi syarat diatas, sebaiknya direvisi saja.

Dengan Sop , Sistem manajemen klinik kita juga akan jadi lebih baik

Sistem perusahaan atau budaya perusahaan juga penting. Budaya perusahaan yang bagus, sangat membantu kepribadian karyawan anda.

Budaya saling menghormati, kekeluarga, disiplin kerja atau budaya malu korupsi, adalah beberapa contoh budaya perusahaan yang baik. Nah budaya ini bisa anda ciptakan.

Bahkan kalau sampai budaya ini terkenal, maka ini berdampak baik untuk anda. Misalnya dengan budaya itu maka karyawan-karyawan terbaik di tempat lain akan tertarik dan bergabung dengan anda.

Sistem perusahaan dan SOP yang bagus akan menentukan keberlanjutan klinik anda. Siapapun penerus atau pewaris tongkat bisnis klinik anda.

Pasti akan dengan mudah meneruskan visi dan misi klinik anda. Jadi seriuslah dengan sistem perusahaan dan SOP anda.

MARKETING

Suatu usaha dikatakan sukses bila bisa mendatangkan profit. Profit ini bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa dalam bentuk uang, barang, atau yang lainnya.

Nah salah satu cara untuk mendatangkan keuntungan adalah dengan berpromosi. Dalam bahasa usaha promosi ini adalah marketing. Marketing itu bisa Selling, bisa Collecting, bisa Publik Relation, bisa bermacam-macam.

Karena setiap usaha orang untuk mempromosikan klinik anda, adalah sebuah tindakan marketing, maka anda harus benar-benar menyetting sebuah pemasaran tentang klinik anda dengan jitu dan benar.

Klinik itu dikenali dari keunikannya. Memang sampai saat ini peran seorang dokter begitu kuat. Namun hal ini sudah bisa dipatahkan dengan sistem klinik yang begitu kuat.

Klinik yang bagus adalah klinik yang diingat karena klinik itu sendiri, bukan karena dokter A atau dokter B. Namun jika klinik itu karena dokternya ramah-ramah (bukan menyebut nama dokternya), perawatnya baik-baik dan pengertian, pelayanannya cepat dan tidak ribet, tentu akan menjadi sebuah keunggulan yang patut dijual.

Nah tugas seorang marketerlah itu semua. Marketer ini tidak harus orang yang berprofesi sebagai marketing klinik, tapi semua bagian wajib menjadi marketing.

Mereka harus menjual Klinik anda. Menjual artinya adalah mengkomunikasikan strategi marketing yang sudah disepakati ke customer.

Ini lebih murah tapi juga berdampak hebat bagi karyawan anda. Mereka akan tahu bahwa klinik anda berorientasi bisnis seperti apa. Nah untuk strategi, serahkan saja pada ahlinya jika anda tidak menguasainya.

Bayarlah konsultas marketing atau konsultan bisnis anda untuk merancang strategi pemasaran terbaik untuk klinik anda itu.

KEUANGAN

Dan yang tidak kalah penting, Keuangan menjadi opsi terakhir untuk manajemen klinik anda. opsi ini memegang sentra penting karena tanpa keuangan, anda akan terancam bangkrut.

Tanpa perencanaan keungan yang baik, anda akan gulung tikar di bisnis ini. Anda harus benar-benar menghitung modal bisnis anda dan berapa kekuatan anda untuk tetap survive dibisnis ini.

Tidak usah memaksakan diri jika anda tidak mampu untuk bertahan dibisnis ini. Lebih baik anda berhenti sementara daripada anda mati karena bisnis anda berdarah-darah.

Nah Keuangan yang baik adalah keuangan yang tepat dan tahu mengalokasikan anggaran berdasarkan strategi utama perusahaan.

Keuangan anda harus berani berdebat dengan anda jika taktik anda terlalu memborokan uang perusahaan. Sejak klinik anda berdiri, mempunyai anak buah, punya visi dan misi.

Silakan kunjungi laman produk Vmedis lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik yang semuanya bisa digunakan di semua gadget online ataupun offline.

Bagikan artikel ini :

About the author: Vmedis Klinik

Leave a Reply

Your email address will not be published.