Langkah Awal Menentukan Sukses Bisnis Klinik

Bagikan artikel ini :

Memulai suatu cita-cita adalah dari mimpi, begitupun juga sukses bisnis klinik. Mimpi yang besar akan menghasilkan hasil atau kesuksesan yang besar juga. Namun tentu butuh investasi. (kata Mario teguh, tidak ada pengorbanan untuk kesuksesan, adanya investasi kesuksesan).

Nah untuk mencapai mimpi mempunyai Klinik yang besar dan terbaik di lokasi yang telah kamu pilih. Tentu dimulai dari perencanaan yang matang. Apa saja perencanaan awal ini.

1. MENENTUKAN JENIS KLINIK

Klinik yang akan dibangun tentu harus punya keunikan. Karena tanpa keunikan, tentu saja tidak akan ada artinya. Jika klinik anda hanya didirikan seperti yang biasa-biasa saja, melayani orang sakit.

Hanya itu saja, lebih baik tidak usah buka klinik. Karena itu hanya akan bertahan beberapa tahun saja dengan pemasukan yang biasa-biasa saja. Tidak akan bisa besar apalagi bertahan lama.

Oleh karena itu diperlukan keunikan atau kekhasan klinik anda. Kekhasan anda bisa dimulai dengan segmen klinik anda.

Misalnya Klinik Gigi anda khusus untuk anak muda saja, orang tua, wanita, atau orang-orang yang tidak mampu. Atau dari sisi harga. Nah harga itu tentu sangat variatif.

Jangan terlalu sering diskon. Namun kalo diskon itu dilakukan selamanya, terus menerus, bisa jadi keunikan. Buatlah tagline: Klinik yang selalu Diskon setiap hari.

Tentu saja anda benar-benar diskon, bukan harganya dinaikanbaru didiskon, itu sama saja membohongi pasien anda. Tapi kalau mau aman dengan harga.

Anda bisa variasikan dengan harga yang terjangkau dengan segmen pasien anda, namun anda juga memberikan plus bagi mereka. Misalnya dengan sistem cicilan atau bonus.

Intinya di level ini anda harus pastikan mau seperti apa klinik yang ingin anda buat. Jangan melangkah dulu baru menentukan. Karena kalo konsepnya datang belakangan, bisa membuat anda kecewa, karena klinik anda tidak sesuai dengan cita-cita atau mimpi anda.

Jenis Kepemilikan atau Modal usaha

Nah ini masalah yang pelik. Modal selalu menjadi alasan klasik untuk memulai usaha. Aduh, modalku masih kurang. Atau, aku nggak punya modal sama sekali. Ingat!! Anda masih punya modal kemauan.

Kalau modal ini besar, modal uang atau barang bisa menyesuaikan. Tidak ada uang atau barang pun, asal ada kemauan masih bisa jalan kok. Kemauan ini akan merangsang otak anda untuk berfikir bagaimana memulai usaha anda itu.

Oke. Saya punya beberapa ulasan mengenai modal kepemilikan. Kalau uang anda banyak dan cukup untuk membuat klinik, ya silahkan segera buat sesuai keinginan anda.

Nah jika modal duitnya ada, namun kesusahan dengan lokasi. Salah satu strateginya ya anda bisa joint dengan dokter lain atau pemilik usaha lainnya atau rumah yang memang disewakan.

Bekerja Sama

Alternatif pertama, kerjasama dengan dokter lain, anda bisa lakukan dengan catatan, anda harus bisa menyesuikan dengan visi dan misi dokter yang ajak anda bergabung.

Kalo cocok ya nggak masalah. Kalo tidak cocok, ya sebaiknya cari pasangan dokter yang cocok. Alternatif kedua, bekerja sama dengan pemilik usaha lain. Misalnya pihak apotek, klinik kecantikan, kafe, salon, dan yang lainnya.

Justru inilah kesempatan unik yang bisa menguntungkan. Kenapa? Karena customer atau pelanggan mereka bisa masuk ke tempat anda tanpa anda harus melakukan joint promotion dengan usaha lain tersebut.

Menyewa Ruko

Yang ketiga, menyewa rumah atau ruko kosong. Kalo yang terakhir ini, anda bisa langsung menempatinya, mengisi dan mendisain tempat atau klinik anda sesuai dengan keinginan anda.

Dan tentu modalnya lebih besar. Tapi anda punya kesempatan untuk menawari dokter atau pemilik usaha lain untuk bergabung. Jadi alternatif pertama dan kedua dibalik di alternatif ketiga ini.

Tapi bila anda tidak punya uang yang cukup, tidak punya tempat atau rumah untuk klinik, apa yang harus dilakukan? Ingat dunia tidak akan kiamat jika anda menghadapi situasi ini.

Anda cukup yakin aja dengan modal kemauan anda. Ini adalah modal utama dan gratis. Anda cukup melakukan sedikit kerja keras.

Anda harus telaten menghubungi orang atau mencari investor untuk membiayai klinik anda, tentunya dengan anda pemiliknya dengan saham yang kecil tapi tetep anda punya hak kepemilikan.

Tapi bagaimana mereka mau? Tentu keunikan dan visi misi klinik anda harus benar-benar beda. Jelaskan mengenai hal itu dan juga prospek klinik anda ke depannya.

Kalau memang berprospek, para investor ini tentu mau bergabung. Anda tidak bisa berpresentasi? Dengan berkali-kali bertemu investor, akan membuat anda terlatih. Jadi jangan pernah malu untuk menemui mereka.

4. MENENTUKAN LOKASI

Lokasi memang menentukan tapi tidak sangat menentukan. Lho? Iya, beberapa orang sangat fanatik dengan lokasi namun tidak semuanya.

Lokasi menentukan profit, gitu kata beberapa orang yang fanatik. Namun itu tidak mutlak. Lokasi yang kurang bagus namun dokter yang kualified, bisa membuat pasien berduyung-duyung ke tempat anda.

Lokasi yang kurang bagus, servis atau jenis klinik yang beda, bisa juga membuat pasien memburu klinik anda. Jadi disini bisa lokasi tidak sangat menentukan tapi masih dibutuhkan untuk positioning anda.

Jangan lupa, perhatikan radius anda. Jika 50 meter sudah ada klinik lain, apalagi membidik segmen yang sama, sebaiknya anda cari lokasi lain.

Namun jika klinik itu bermain di segmen yang berbeda, jangan takut. Masuk dan bersainglah secara sehat karena segmennya beda.

Kalau anda membidik segmen menengah, kelas para eksekutif muda, sebaiknya buat bangunan yang minimalis, modern, dan nyaman. Buatlah kesan mereka sedang melakuakn terapi di lokasi yang sesuai dengan imej mereka.

Apabila segmen yang anda bidik adalah segmen orang tua, sebaiknya desainlah dengan model yang simple, homely, tidak banyak pernak-pernik. Orang tua lebih suka yang simple, tapi nyaman sekali.

Mereka ingin merasakan suasana yang seperti di rumah. Mereka sangat tidak menyukai suasana yang beda dengan rumah mereka. Jadi inilah hal-hal yang perlu anda perhatikan jika anda hendak mendesain klinik anda.

5. PERKIRAAN DAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL

Bila klinik anda sudah berdiri alias duah menjalankan 2 langkah awal diatas, maka tahap selanjutnya adalah operasional awal. Jika anda mengkalkulasi mendirikan klinik butuh 70 juta.

Namun jangan lupa, kalkulasikan biaya operasional klinik untuk 6 bulan ke depan. Siapkan dana cadangan untuk hal ini karena perawat, asisten apoteker, administrasi, keuangan dan office boy juga butuh gaji.

Mereka bukan kerja sosial di tempat anda. Memang untuk efisiensi, anda hanya perlu 1-3 orang saja. Bisa juga dengan menggunakan aplikasi software klinik yang bisa mempermudah pekerjaan di klinik anda.

Itu terserah anda, namun ingatlah misi awal anda. Intinya anda harus menyesuikan visi dan misi anda ketika klinik ini belum berdiri.

Anda juga harus menyiapkan biaya-biaya lainnya. Ada biaya fix anda variabel. Biaya listrik, air, telepon, kebersihan, keamanan, pajak, obat, bahan habis pake, alat-alat khusus, marketing dan sebagianya.

Jadi setelah klinik anda berdiri, anda sudah bisa tersenyum lebar. Justru saat anda opening klinik anda, saat itulah anda sedang menabuh genderang perang dengan musuh-musuh atau kompetitor anda.

Silakan kunjungi laman produk Vmedis lainnya seperti Software Apotek, Software Klinik yang semuanya bisa digunakan di semua gadget online ataupun offline.

Bagikan artikel ini :

About the author: Vmedis Klinik

Leave a Reply

Your email address will not be published.